Berdaptasi dengan Situasi Pandemi, SMP IT Insan Sejahtera Adakan Upacara Bendera Virtual

Sumedang (18/5) SMP IT Insan Sejahtera menggelar upacara bendera virtual dengan mengumpulkan seluruh siswa dan guru secara online. Jika biasanya upacara diadakan di lapangan sekolah, kali ini untuk pertama kalinya para siswa dan guru bersua bersama dalam meeting room virtual untuk melaksanakan upacara bendera. Sebagai dokumentasi, upacara virtual ini pun disiarkan secara live di facebook sekolah serta diunggah di akun youtube SMP IT Insan Sejahtera.

“ini merupakan tantangan untuk kita bersama. Dua bulan lebih para siswa tidak mengadakan upacara bendera, karena masa pandemi mengharuskan siswa untuk tetap belajar di rumah saja. Namun sikap disiplin, nasionalisme, dan semangat belajar tetap harus dijaga.” Tutur Restu Wibisono (Kepala SMP IT Insan Sejahtera) yang juga bertindak sebagai Pembina upacara

Dalam amanatnya, Restu menyampaikan bahwa ada banyak peluang yang dimiliki siswa ‘cerdik’ saat kondisi pandemi seperti ini. Dengan luasnya waktu belajar di rumah, banyak hal yang dapat dilakukan oleh siswa yang bisa  jadi cukup sulit jika dilakukan pada kondisi normal.

“Saat kita memiliki bayak waktu di rumah, maka itulah saat yang tepat untuk mengembangkan bakat. Kita juga dapat belajar dimana saja dan kapan saja dengan mengoptimalkan teknologi. Adapun keterbatasan yang ada pada situasi ini, itulah yang akan memunculkan banyak kreativitas dan inovasi.”

Selain Kepala Sekolah, para wakil kepala sekolah pun memberikan arahan untuk siswa pada sesi pengumuman setelah upacara.  Arahan yang diberikan meliputi hal yang berkaitan dengan akademik, kesiswaan dan jadwal kegiatan siswa.

Selepas kegiatan upacara selesai, menjadi momen kebersamaan seluruh siswa dan guru yang sudah lama tidak berkumpul bersama. Mereka bersama saling menyapa dan saling menyemangati satu sama lain.

Salah satu orang tua siswa, Ahmad Nugraha turut memberikan apresiasi untuk kegiatan ini, “Saya rasa kegiatan ini bagus untuk menyiapkan siswa agar siap menghadapi situasi normal yang baru di era pandemi ini.”